Doa Bersama dan Santunan Pekan ke Tiga di Bulan Desember

 


Berdoa merupakan salah satu cara untuk meminta petunjuk dan pertolongan. Kata doa sendiri secara bahasa merupakan kata yang berasal dari "da'aa-yad'uu-du'aa-an" yang artinya memohon atau meminta. Menurut istilah, doa adalah permohonan dengan sungguh-sungguh kepada Allah SWT.


Manfaat Berdoa bagi Orang Beriman



Doa merupakan salah satu wujud menyerahkan diri kepada Allah SWT. Doa memiliki kedudukan yang penting dalam Islam. Selain sebagai sarana permohonan sampai berkeluh kesah, doa juga sebagai ibadah yang mulia.


Dikutip dari buku Doa dan Zikir Harian Nabi, Imam Abu Wafa, (2021: xvi), berdoa termasuk ibadah sehingga doa hanya diperuntukkan kepada Allah Ta’ala.



 Terdapat banyak manfaat yang bisa diperoleh orang beriman kala berdoa.


1. Hati Lebih Tenang


Manusia tidak memiliki daya apa-apa untuk menjalankan sesuatu karena semua yang terjadi telah digariskan oleh Sang Pencipta.


Berdoalah sebagai tanda bahwa manusia memang membutuhkan pertolongan Allah dan meyakini keberadaannya meskipun tidak pernah bertemu sama sekali. Dengan berdoa umat Islam akan merasa lebih tenang dan tentram.



2. Menyelematkan dari Musuh dan Melancarkan Rezeki


Sebagaimana hadist riwayat Abu Ya’la dari Jabir bin Abdullah yang artinya Rasulullah SAW bersabda, 'Maukah kalian aku tunjukkan suatu perkara yang menyelamatkan kalian dari musuh kalian dan mempercepat datangnya rezeki kalian?'



(Rasulullah melanjutkan), 'Maka berdoalah pada tengah malam dan pada siang hari, sebab hanya doa yang menjadi senjata ampuh orang beriman'.


3. Segala Urusan Dimudahkan


Orang yang merasa hidupnya susah dijalani dan memiliki banyak masalah bisa disebabkan karena jarang berdoa kepada Allah. Hal ini wajar saja karena tidak memiliki niat untuk mendekatkan diri kepada penciptaNya.



Maka dari itu, mulailah memperbaiki diri agar dicintai Allah. Doa dapat dijadikan sebagai sarana untuk selalu terhubung dengan Allah, sehingga segala urusan pasti akan dimudahkan.


4. Meningkatkan Kualitas Hidup


Berdoa dapat meningkatkan kualitas hidup bagi orang beriman. Dalam berdoa, orang beriman memohon kepada Allah SWT untuk memberikan kebaikan dan keselamatan dalam hidup.


Dengan begitu, berdoa dapat membantu orang beriman meraih kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidup.


5. Diangkat Derajatnya


Tidak semua orang derajatnya ditinggikan oleh Allah. Manusia yang beruntung mendapatkan keistimewaan tersebut tentu harus sangat bersyukur. Untuk bisa ditinggikan, cara yang dapat dilakukan yaitu dengan berdoa sesuai apa yang diinginkan.


6. Mendapatkan Pahala


Orang islam mudah sekali jika ingin mendapatkan pahala, karena dengan berdoa dan meyakini bahwa Allah Maha Penolong merupakan ibadah. 


Bahkan di dalam Al-Qur’an juga diberikan penjelasan, bahwa manusia diperintahkan untuk berdoa kepada Allah.


Dengan berdoa, maka akan menyadari sepenuhnya bahwa manusia merupakan hamba yang lebih, sehingga tidak bisa berbuat apa-apa tanpa ada kuasa-Nya.


0 Response to "Doa Bersama dan Santunan Pekan ke Tiga di Bulan Desember"

Posting Komentar