10 Penjelasan Manfaat Sedekah Dalam Islam



Rumah Bina Sejahtera - Mengetahui apa saja manfaat sedekah dalam Islam dapat membuat seseorang lebih semangat melakukan amalan baik ini. Sedekah merupakan perbuatan memberi kepada orang lain secara cuma-cuma tanpa melihat jumlah dan waktu. Tak hanya mendatangkan segudang pahala, tetapi keberkahan hidup dan keridhaan Allah SWT bisa didapatkan.


Sesuai peraturan baznas, sedekah adalah harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum. Mengenai manfaat sedekah dalam Islam dijelaskan oleh Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 245:


1. Melipatgandakan Pahala


Manfaat sedekah dalam Islam akan memberikan banyak keistimewaan kepada para pelakunya, salah satunya adalah Allah SWT akan memberikan pahala yang berlipat ganda agi orang yang mau bersedekah.


“Sesunggunya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Q.S. A-l-Hadid ayat 18).


2. Melipatgandakan Harta


Dalam sebuah hadis dijelaskan manfaat sedekah dalam Islam dapat melipatgandakan harta. Bersedekah tidak akan memengaruhi atau mengurangi harta yang dimiliki. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW.


Rasulullah SAW bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam: “Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR Muslim).


Meskipun secara tersurat harta terlihat berkurang karena sedekah, namun kekurangan tersebut akan ditutupi dengan pahala di sisi Allah SWT dan akan terus bertambah kelipatannya menjadi lebih banyak.


Allah SWT telah menjanjikan manfaat sedekah dalam Islam tersebut sesuai dengan firman-Nya dalam Al-Quran surat Saba’ yang artinya:


“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki sebaik-baiknya.” (Q.S. Saba ayat 39).


3. Menghapus Dosa


Manfaat sedekah dalam Islam adalah dapat menghapus dosa. Sebagai manusia yang pasti selalu diliputi dosa-dosa, umat Islam senantiasa diberikan jalan untuk berkesempatan menghapus dosa-dosanya melalui sedekah.


Sedekah adalah ibadah yang istimewa karena bisa memudahkan umat Islam untuk menghapus dosa-dosa. Rasulullah SAW bersabda:


“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).


4. Menyembuhkan Penyakit


Rasulullah SAW bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam, “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana”. (HR. Ath-Thabrani).


Dari manfaat sedekah dalam Islam ini berarti dengan melakukan sesuatu hal yang positif, seperti bersedekah, maka akan meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh). Sehingga tubuh lebih kuat menghadapi penyakit.


5. Memberi Naungan di Hari Kiamat


Diriwayatkan dalam hadis riwayat Ahamad, Rasulullah bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam, "Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya." Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan melalui sedekah, umat Islam dianjurkan untuk gemar bersedekah apalagi di bulan Ramadan.


6. Menciptakan Kebahagiaan


Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang profesor University of Oregon dan timnya menemukan bahwa manfaat sedekah mampu menciptakan rasa bahagia karena otak melepaskan dopamin dan endorfin sehingga diri sendiri merasa lebih gembira. Penelitian dari Jerman juga menemukan manfaat sedekah menciptakan rasa puas dan bangga terhadap diri sendiri karena dirimu tahu telah melakukan hal yang baik dan berguna untuk orang lain.


7. Menguatkan Tali Silaturahmi


Berbagi dengan cara sedekah akan menguatkan ikatan sosial dengan sesama. Dirimu tidak pernah tahu seberapa besar kamu membutuhkan bantuan orang lain kelak. Manfaat sedekah dalam Islam akan membuat dirimu menambah keluarga, teman baru atau kerabat baru. Tidak menutup kemungkinan, mereka akan membantumu suatu saat. Kalaupun tidak, Tuhan tidak pernah menutup mata bagi mereka yang ikhlas bersedekah.


8. Menyembuhkan Penyakit


Rasulullah SAW bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam, “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana”. (HR. Ath-Thabrani).


Hal ini berarti bahwa dengan melakukan sesuatu hal yang positif, seperti bersedekah, maka akan meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh). Sehingga tubuh lebih kuat menghadapi penyakit.


9. Memperpanjang Warisan


Dalam Hadis riwayat Ahmad Rasulullah bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam, "Tidaklah seorang yang bersedekah dengan baik kecuali Allah memelihara kelangsungan warisannya."


Rasulullah bersabda dalam hadis riwayat Baihaqi, “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah.”


Diriwayatkan juga manfaat sedekah dalam hadist riwayat Muslim, “Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu.”


10. Menghindarkan Marabahaya


Manfaat sedekah dalam Islam adalah sebagai penolak bala, penyubur pahala, menahan musibah, dan kejahatan serta rezeki yang dilipat gandakan oleh Allah SWT.


Rasulullah SAW bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam, “Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.”


Nabi SAW bersabda, “Asshodaqotu tasuddu sab’iina baaban minas suu-i” artinya: “Shodaqoh itu menutup tujuh puluh pintu kejahatan.”.

1 Response to "10 Penjelasan Manfaat Sedekah Dalam Islam "

  1. A supplier who busts loses; otherwise, the supplier pays anybody showing the next rely , and a push happens for gamers with an identical whole. All playing cards are collected 빅카지노 and brought out of play before the next hand is dealt. Played properly, blackjack turns into a sport of skill in a on line casino filled with video games of chance. Studies of tens of millions of computer-generated arms have yielded a strategy for when to hit, when to stand, when to double, when to separate. This technique can take the house edge all the way down to} about 0.5 % in a six-deck sport -- and lower in video games with fewer decks. Needless to say, such single-deck video games are not generally dealt.

    ReplyDelete