Doa Bersama di Yayasan Rumah Bina Sejahtera, Doa Untuk Berangkat Haji

 


Menunaikan ibadah haji merupakan rukun Islam yang ke-5. Setiap muslim yang mampu, baik dari segi fisik dan finansial, maka diwajibkan untuk menunaikan ibadah haji.


Harapan kami semua (Civitas Yayasan Rumah Bina Sejahtera) agar seluruh donatur Yayasan Rumah Bina Sejahtera yang berangkat haji dapat berjalan lancar menjalani setiap rangkaian ibadah dan dapat kembali ke kampung halaman sebagai haji yang mabrur. 


Keluarga maupun kerabat dapat memanjatkan doa agar jemaah haji dimudahkan dalam ibadahnya.


Doa untuk Orang yang Berangkat Haji


Merujuk dari Kitab Fiqih Sunnah Jilid 2 karya Sayyid Sabiq, ada bacaan doa untuk orang yang berangkat haji,


زَوَّدَكَ اللَّهُ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ


Arab latin: Zawwadakallaahut-taqwaa, wa ghafara dzan-baka, wa yassara lakal-khaira haitsu maa kunta.




Artinya: "Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosamu, dan memudahkanmu dalam jalan kebaikan di mana pun kau berada."


Bisa juga membaca doa berikut,


أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ


Arab Latin: Astaudi'ullaha diinaka wa amaanataka wa khawaatima 'amalik


Artinya: "Aku menitipkan agamamu, amalanmu dan akhir amal perbuatanmu kepada Allah."


Doa untuk orang berangkat haji ini dibaca oleh Nabi Muhammad ketika salah seorang sahabat menyatakan diri untuk mengadakan perjalanan jauh. Doa ini diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dari sahabat Anas RA berikut ini:


"Diriwayatkan kepada kami pada Kitab At-Tirmidzi, dari Sahabat Anas RA. Ia bercerita bahwa seseorang mendatangi Rasulullah SAW, 'Wahai Rasul, aku hendak berpergian. 


Karenanya, berikanlah aku bekal,' kata sahabat tersebut. 'Zawwadakallâhut taqwâ,' kata Rasulullah SAW. 'Tambahkan lagi ya Rasul,' kata sahabat itu. 'Wa ghafara dzanbaka,' kata Rasulullah SAW. 'Tambahkan lagi ya Rasul,' kata sahabat itu. 'Wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta,' jawab Rasulullah SAW. Imam At-Tirmidzi mengatakan bahwa kualitas hadits ini hasan."


Demikian bacaan doa untuk orang yang berangkat haji. Semoga dengan melafalkan doa berikut, jemaah haji (donatur Yayasan Rumah Bina Sejahtera) bisa diringankan dan dimudahkan dalam menjalani rangkaian ibadah. Tentu saja harapannya agar menjadi haji mabrur. Amiin ya Allah ya robbal allamiin.

0 Response to "Doa Bersama di Yayasan Rumah Bina Sejahtera, Doa Untuk Berangkat Haji"

Post a Comment