Doa Bersama di Pekan ke-3 Januari, Keistimewaan Bulan Rajab

 


Rumah Bina Sejahtera - Keistimewaan bulan Rajab perlu diketahui setiap muslim. Bulan Rajab 1444 Hijriah dimulai pada 13 Januari 2024 hingga 10 Februari 2024. Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang sakral dan penuh keutamaan bagi umat Islam.


Hal ini disebabkan karena Rajab adalah satu dari 4 bulan haram yang dimuliakan Allah SWT. Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amalan baik selama bulan Rajab ini. Bulan ini juga menjadi bulan untuk mempersiapkan bulan suci Ramadan.


Maka dari itu, puasa sunah di bulan Rajab memiliki keistimewaan yang besar bagi umat Islam. Selain penuh keberkahan, bulan Rajab juga dikenal sebagai bulan terjadinya berbagai peristiwa penting dalam Islam, salah satunya Isra’ Mi’raj.


Keistimewaan bulan Rajab salah satunya telah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadis. Keistimewaan bulan Rajab dalam ayat Al-Qur’an terdapat pada fiman Allah SWT dalam surat QS. At Taubah: 36 yang artinya:


”Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu."




Empat bulan tersebut salah satunya adalah bulan Rajab. Keistimewaan bulan Rajab yang dijelaskan dalam Al-Qur'an tersebut dijelaskan lagi pada sebuah hadis.


Keistimewaan bulan Rajab dalam hadis tersebut artinya yaitu sebagai berikut: Dari Abi Bakrah RA bahwa Nabi SAW bersabda:

“Setahun ada dua belas bulan, empat darinya adalah bulan suci. 


Tiga darinya berturut-turut; Zulqa’dah, Zul-Hijjah, Muharam dan Rajab”. (HR. Imam Bukhari, Muslim, Abu Daud dan Ahmad).


0 Response to "Doa Bersama di Pekan ke-3 Januari, Keistimewaan Bulan Rajab"

Posting Komentar