Qurban Idul Adha 1441 H

Sahabat RBS pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah qurban pada waktu Idul Adha.

Kata qurban berasal dari Bahasa Arab “Qariba” yang berarti dekat atau mendekatkan. Qurban dimaksudkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan mengerjakan sebagian perintah-Nya. Dalam qurban, dikenal juga istilah udhiyyah yang merupakan nama untuk hewan qurban yang disembelih pada hari raya qurban. Sedangkan yang melaksanakan qurban disebut dengan tadlhiyyah.

rbs.or.id | Kegiatan Qurban 1441 H
Qurban merupakan salah satu ibadah yang dilaksanakan oleh umat Islam. Pada hari raya qurban, dilakukan penyembelihan binatang ternak yang dilakukan pada bulan Dzulhijjah tepatnya pada Hari Raya Idul Adha tanggal 10 Dzulhijjah dan hari Tasyrik, yaitu 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Menyembelih hewan qurban hukumnya adalah sunnah muakkad, yakni suatu ibadah yang dianjurkan dengan penekanan kuat atau hampir mendekati wajib.

Ketentuan mengenai qurban telah ditetapkan dalam surat Al-Quran berikut ini:

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ ۗ فَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا ۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ 

Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah),"
[QS. Al-Hajj (22): 34]

Sahabat Rumah Bina Sejahtera yang dirahmati Allah, penting bagi kita untuk mengetahui makna serta keutamaan dari ibadah qurban, antara lain:

  1. Meneladani Ketabahan dan keikhlasan Nabi Ibrahim A.S. dan Nabi Ismail A.S.,
  2. Mendapatkan pahala dan ridho dari Allah SWT.,
  3. Sebagai sarana untuk mendekatkan diri pada Allah SWT.,
  4. Ibadah qurban adalah salah satu ibadah yang disukai oleh Allah SWT.,
  5. Dapat menyebarkan kebaikan dan manfaat untuk orang lain.

Semoga kita senantiasa diberikan kesempatan oleh Allah SWT. untuk dapat menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya, Aamiin, Aamiin, Yaa Rabbal ‘Aalamiin...

rbs.or.id | Kegiatan Qurban 1441 H

rbs.or.id | Kegiatan Qurban 1441 H

rbs.or.id | Kegiatan Qurban 1441 H

rbs.or.id | Kegiatan Qurban 1441 H

rbs.or.id | Kegiatan Qurban 1441 H

0 Response to "Qurban Idul Adha 1441 H"

Post a Comment