Program Wakaf

Secara istilah wakaf bermakna penahanan hak milik atas materi benda (al-‘ain) untuk tujuan menyedekahkan manfaat atau faedahnya. Inilah pendapat yang dipegang oleh jumhur ulama. Madzhab Hanafiyah mengartikan wakaf dengan :

حبس العين على حكم ملك الواقف، والتصدق بالمنفعة على جهة الخير
Menahan materi benda (al-‘ain) milik Wakif dan menyedekahkan atau mewakafkan manfaatnya kepada siapapun yang diinginkan untuk tujuan kebajikan."

Dengan dasar firman Allah SWT. di dalam Al-Qur'an :

لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّىٰ تُنْفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ ۚ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ
Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya."
[QS. Ali Imron (3) : 92]

Seiring dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 42 tahun 2006 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 41 tahun 2004 Tentang Wakaf BAB III, pasal 15 (c).

Maka, Yayasan Rumah Bina Sejahtera mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama menjalankan program wakaf, yang akan dialokasikan sebagai bantuan operasional dan pembangunan fasilitas sosial (sarana ibadah, sekolah, kesehatan, dll), dan pembebasan lahan untuk diggunakan kemanfaatannya sebagai sarana / fasilitas sosial (asrama Yatim & Dhu'afa', Sekolah Alam berbasis Islam Terpadu, Rumah Sehat, dan Asrama Wreda).


===================
Related :
Donasi