Program Wakaf

Secara istilah wakaf bermakna penahanan hak milik atas materi benda (al-‘ain) untuk tujuan menyedekahkan manfaat atau faedahnya. Inilah pendapat yang dipegang oleh jumhur ulama. Madzhab Hanafiyah mengartikan wakaf dengan :

حبس العين على حكم ملك الواقف، والتصدق بالمنفعة على جهة الخير
Menahan materi benda (al-‘ain) milik Wakif dan menyedekahkan atau mewakafkan manfaatnya kepada siapapun yang diinginkan untuk tujuan kebajikan."

Dengan dasar firman Allah SWT. di dalam Al-Qur'an :

لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّىٰ تُنْفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ ۚ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ
Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya."
[QS. Ali Imron (3) : 92]

Seiring dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 42 tahun 2006 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 41 tahun 2004 Tentang Wakaf BAB III, pasal 15 (c).

Maka, Yayasan Rumah Bina Sejahtera mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama menjalankan program wakaf, yang akan dialokasikan sebagai bantuan operasional dan pembangunan fasilitas sosial (sarana ibadah, sekolah, kesehatan, dll), dan pembebasan lahan untuk diggunakan kemanfaatannya sebagai sarana / fasilitas sosial (asrama Yatim & Dhu'afa', Sekolah Alam berbasis Islam Terpadu, Rumah Sehat, dan Asrama Wreda).


===================
Program Kegiatan RBS :
Donasi


Lingkup Sosial Pendidikan

Lingkup Sosial Pendidikan

Masa depan suatu Negara tertumpu pada kualitas pendidikan generasi. Melalui program pendidikan, RBS berupaya ikut serta membantu memberikan pelayanan untuk mencerdaskan anak bangsa, dan selektif memberikan beasiswa untuk anak-anak yatim dhu'afa' yang berprestasi.
Baca Selengkapnya >>>

Lingkup Kemanusiaan

Lingkup Kemanusiaan

Solidaritas adalah kunci utama persatuan suatu bangsa. Dengan semangat gotong-royong, RBS bersinergi dengan para relawan dan elemen masyarakat untuk membantu saudara-saudara yang tertimpa musibah dan memberikan bantuan untuk kalangan masyarakat tidak / kurang mampu.
Baca Selengkapnya >>>

Lingkup Keagamaan

Lingkup Keagamaan

Agama merupakan faktor utama dalam membangun akhlaq manusia utamanya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. RBS turut serta memberikan fasilitas pembelajaran dalam bidang agama yang sejalan dengan perundang-undangan yang berlaku.
Baca Selengkapnya >>>