Ketenangan Hati Karena Sedekah

Sedekah merupakan salah satu sifat manusia yang sangat terpuji, karema dengan dia bersedekah dapat memberikan banyak manfaat bagi manusia yang lainnya, baik itu dari kaum kerabat, sahabat, saudara ataupun kepada siapapun yang membutuhkan uluran tangan kita.

Sahabat Rumah Bina Sejahtera, Selain manfaat yang besar bagi kemashlahatan umat, sedekah juga memberikan manfaat yang luar biasa bagi yang melaksanakannya. Dengan bersedekah seseorang merasa lebih dekat dengan Allah, iman seseorang yg bersedekah juga semakin kuat, dan yang paling utama adalah dengan seseorang bersedekah, hati akan menjadi tenang dan tentram.

rbs.or.id - Ketenangan Hati karena Sedekah

Sebagaimana firman Allah SWT. ;
الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَعَلَانِيَةً فَلَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ
Orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Rabbnya. Tidak ada kekhawatiran atas mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.
[QS. Al-Baqarah (2) : 274]

Dari Ayat ini dapat kita fahami bersama, bahwa di ayat tersebut membicarakan tentang orang yang menyedekahkan hartanya baik itu di siang hari ataupun di malam hari sesuai dengan hajat dan maslahat. Dan dianjurkan bersedekah dalam keadaan sembunyi-sembunyi, namun kadang diperlukan pula bersedekah dalam keadaan terang-terangan. Di dalam ayat ini didahulukan bersedekah dengan diam-diam, kemudian baru disebutkan setelahnya bersedekah secara terang-terangan. Karena bersedekah dengan diam-diam itu cenderung lebih ikhlas. Namun jika ada maslahat untuk bersedekah terang-terangan, maka lebih afdhal bersedekah terang-terangan seperti contoh misalnya : sebagai alat untuk berfastabiqul khairat, atau menjadi contoh bagi orang lain atau sebagai pelopor dalam sunnah hasanah (ajaran yang baik), atau dalam keperluan lain seperti pembukuan dan pencatatan dalam lembaga tertentu, dan lain sebagainya.

Orang yang bersedekah akan mendapatkan pahala baik secara langsung ataupun nanti di akhirat kelak. Bahkan janji Allah akan melipatgandakan pahalanya untuk seseorang.

Dari ayat tersebut juga telah ditegaskan tidak ada kekhawatiran dan tidak bersedih. Dengan bersedekah tingkat keimanan seseorang akan semakin kuat. Seseorang bersedekah tidak lain hanya mengharap balasan dari Allah. Dan dari keikhlasan orang bersedekah membuat hati menjadi tenteram karena merasa selalu ada Allah yang selalu menyertainya.

Semoga kita senantiasa dapat mengamalkan dan membiasakan bersedekah sehingga kita menjadi manusia yang dijaga oleh Allah atas ketentraman hati kita.

Semoga bermanfaat.


Donasi

0 Response to "Ketenangan Hati Karena Sedekah"

Posting Komentar



Lingkup Sosial Pendidikan

Lingkup Sosial Pendidikan

Masa depan suatu Negara tertumpu pada kualitas pendidikan generasi. Melalui program pendidikan, RBS berupaya ikut serta membantu memberikan pelayanan untuk mencerdaskan anak bangsa, dan selektif memberikan beasiswa untuk anak-anak yatim dhu'afa' yang berprestasi.
Baca Selengkapnya >>>

Lingkup Kemanusiaan

Lingkup Kemanusiaan

Solidaritas adalah kunci utama persatuan suatu bangsa. Dengan semangat gotong-royong, RBS bersinergi dengan para relawan dan elemen masyarakat untuk membantu saudara-saudara yang tertimpa musibah dan memberikan bantuan untuk kalangan masyarakat tidak / kurang mampu.
Baca Selengkapnya >>>

Lingkup Keagamaan

Lingkup Keagamaan

Agama merupakan faktor utama dalam membangun akhlaq manusia utamanya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. RBS turut serta memberikan fasilitas pembelajaran dalam bidang agama yang sejalan dengan perundang-undangan yang berlaku.
Baca Selengkapnya >>>