Benarkah Sedekah Membuat Kaya?

Bersedekah merupakan bentuk wujud nyata rasa syukur seseorang kepada Sang Pemberi Rezeki, Allah Azza Wa Jalla.
rbs.or.id - Ilustrasi sedekah
rbs.or.id - Sedekah Membuat Seseorang Menjadi Kaya

Bersedekah adalah hal yang perlu kita utamakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan di dalam sebuah hadits meriwayatkan bahwa sedekah hendaknya dilaksanakan setiap hari.

Riwayat sebuah Hadits ;

عَنْ أَبِـيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ، قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللّٰـهِ صَلَّى اللّٰـهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : كُلُّ سُلَامَـى مِنَ النَّاسِ عَلَيْهِ صَدَقَةٌ كُلَّ يَوْمٍ تَطْلُعُ فِيْهِ الشَّمْس

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu , ia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap persendian manusia wajib bersedekah pada setiap hari di mana matahari terbit di dalamnya.
[HR. Al-Bukhari no.2707 dan Muslim No.1009]

Bersedekah itu kapan saja, dimana saja dan untuk siapa saja dengan ridho keikhlasan hati nurani. Dengan bersedekah dapat membuat kita agar lebih giat lagi dengan mengais rezeki yang halal dan kita tau bagaimana cara berjuang serta bersyukur kepada sang pemberi rezeki Allah SWT. Orang yang bersedekah dengan niat yang tulus merupakan orang yang sangat luar biasa.
Donasi

Bersedekah tidak akan membuat seseorang menjadi miskin, bahkan dengan bersedekah akan menjadikan kaya, baik kaya pahala maupun kaya secara materi. Banyak keajaiban dan keberkahan yang terjadi didalam kehidupan nyata setelah seseorang bersedekah.

Bahkan seorang motivator terkenal juga menggunakan istilah "Happy Bisa Amal" sebagai senjata kesuksesan seseorang.

Begitu juga sebagian dari para tokoh dunia, mereka tidak pernah sungkan bersedekah dari sebagian kekayaan mereka untuk orang lain. Mereka tidak pernah merasa takut jatuh miskin hanya karena bersedekah. Justru, orang-orang seperti mereka meyakini dengan sering bersedekah akan semakin sering mendapat keajaiban dan pertolongan tak terduga, bahkan mereka pun banyak yang mengalami keajaiban dalam mengembangkan bisnis mereka setelah mereka sering bersedekah.

Memang pada dasarnya jika banyak membahagiakan orang lain, Allah pun akan membahagiakan orang tersebut, dan melalui jalan yang dikehendakiNya, Allah memberikan balasan untuk menggantinya.

Firman Allah SWT. ;

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ ۖ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ
Apa saja yang kalian infakkan, maka Alloh pasti akan menggantinya. Dia-lah pemberi rizki yang terbaik.
[QS. Saba’ (34) : 39]

Rizqi bukan sebatas pada materi atau harta semata. Lebih dari sekedar itu, rizqi yang kita dapatkan bisa berwujud dalam kesehatan yang kita miliki pada saat ini. Dengan kesehatan dapat berbuat banyak hal untuk mensyukurinya. Semakin pandai mensyukuri yang sudah kita punya, keberkahan yang dirasakan pun akan semakin besar.

Allah pun telah mengibaratkan perhitungan yang berlipat untuk harta yg disedekahkan, sebagaimana FimanNya ;

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِئَةُ حَبَّةٍ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ
Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.
[QS. Al Baqarah (2) : 261]

Begitupun di dalam riwayat sebuah hadits, dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda ;

لاَ يَتَصَدَّقُ أَحَدٌ بِتَمْرَةٍ مِنْ كَسْبٍ طَيِّبٍ إِلاَّ أَخَذَهَا اللَّهُ بِيَمِينِهِ فَيُرَبِّيهَا كَمَا يُرَبِّى أَحَدُكُمْ فَلُوَّهُ أَوْ قَلُوصَهُ حَتَّى تَكُونَ مِثْلَ الْجَبَلِ أَوْ أَعْظَمَ
Tidaklah seseorang bersedekah dengan sebutir kurma dari hasil kerjanya yang halal melainkan Allah akan mengambil sedekah tersebut dengan tangan kanan-Nya lalu Dia membesarkannya sebagaimana ia membesarkan anak kuda atau anak unta betinanya hingga sampai semisal gunung atau lebih besar dari itu.
[HR. Bukhari No.1410 dan Muslim No.014]

Maka tidak heran jika seseorang yang gemar bersedekah senantiasa diberikan kecukupan, dan bahkan kekayaan yang berlimpah.

Pada prinsipnya, sedekah tidak selalu harus dalam berbentuk nominal uang. Bisa dengan bentuk bantuan jasa atau tenaga. Jika sedekah secara materi atau uang dapat meringankan beban ekonomi orang lain, sementara sedekah yang berwujud jasa atau tenaga dapat membantu meringankan permasalahan yang dihadapi orang lain.

Seseoramg tidak perlu menunggu menjadi orang kaya (secara materi) terlebih dahulu untuk bersedekah. Kapanpun dan dimanapun kita dapat bersedekah dan bermanfaat bagi manusia lainnya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW. ;

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ
Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.
[HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ No.3289]

Mari kita biasakan untuk gemar bersedekah. Dengan landasan niat hati yang tulus dan ikhlas, insyaAllah keberkahan akan senantiasa menyertai kita.

Donasi

0 Response to "Benarkah Sedekah Membuat Kaya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel